Imam Al-Allamah Al-Habib
Abdullah bin Alwy Al-Hadad, lahir hari Rabu, Malam Kamis tanggal 5 Bulan Syafar
1044 H di Desa Sabir di Kota Tarim, wilayah Hadhromaut, Negeri Yaman.
Nasab
Beliau adalah seorang Imam
Al-Allamah Al-Habib Abdullah bin Alwy Al-Hadad bin Muhammad bin Ahmad bin
Abdullah bin Muhammad bin Alwy bin Ahmad bin Abu Bakar Al–Thowil bin Ahmad bin
Muhammad bin Abdullah bin Ahmad Al-Faqih bin Abdurrohman bin Alwy bin Muhammad
Shôhib Mirbath bin Ali Khôli’ Qosam bin Alwi bin Muhammad Shôhib Shouma’ah bin
Alwi bin Ubaidillah bin Al-Muhâjir Ilallôh Ahmad bin Isa bin Muhammad An-Naqîb
bin Ali Al-Uraidhi bin Imam Jakfar Ash-Shodiq bin Muhammad Al-Baqir bin Ali
Zainal Abidin bin Imam As-Sibth Al-Husein bin Al-Imam Amirul Mukminin Ali bin
Abi Tholib suami Az-Zahro Fathimah Al-Batul binti Rosulullah Muhammad SAW.
Orang-tuanya
Sayyid Alwy bin Muhammad
Al-Haddad, Ayah Syaikh Abdullah Al-Haddad dikenal sebagai seorang yang saleh.
Lahir dan tumbuh di kota Tarim, Sayyid Alwy, sejak kecil berada di bawah asuhan
ibunya Syarifah Salwa, yang dikenal sebagai wanita ahli ma’rifah dan wilayah.
Bahkan Al-Habib Abdullah bin Alwy Al-Haddad sendiri banyak meriwayatkan
kekeramatannya. Kakek Al-Haddad dari sisi ibunya ialah Syaikh Umar bin Ahmad
Al-Manfar Ba Alawy yang termasuk ulama yang mencapai derajat ma’rifah sempurna.
Suatu hari Sayyid Alwy bin
Muhammad Al-Haddad mendatangi rumah Al-Arif Billah Syaikh Ahmad bin Muhammad
Al-Habsy, pada waktu itu ia belum berkeluarga, lalu ia meminta Syaikh Ahmad
Al-Habsy mendoakannya, lalu Syaikh Ahmad berkata kepadanya, ”Anakmu adalah
anakku, di antara mereka ada keberkahan”. Kemudian ia menikah dengan cucu
Syaikh Ahmad Al-Habsy, Salma binti Idrus bin Ahmad bin Muhammad Al-Habsy.
Al-Habib Idrus adalah saudara dari Al-Habib Husein bin Ahmad bin Muhammad
Al-Habsy. Yang mana Al-Habib Husein ini adalah kakek dari Al-Arifbillah
Al-Habib Ali bin Muhammad bin Husein bin Ahmad bin Muhammad Al-Habsy (Mu’alif
Simtud Durror). Maka lahirlah dari pernikahan itu Al-Habib Abdullah bin Alwy
Al-Haddad. Ketika Syaikh Al-Hadad lahir ayahnya berujar, “Aku sebelumnya
tidak mengerti makna tersirat yang ducapkan Syaikh Ahmad Al-Habsy terdahulu,
setelah lahirnya Abdullah, aku baru mengerti, aku melihat pada dirinya
tanda-tanda sinar Al-wilayah (kewalian)”.
Masa Kecil
Dari semenjak kecil begitu
banyak perhatian yang beliau dapatkan dari Allah. Allah menjaga pandangan
beliau dari segala apa yang diharomkan. Penglihatan lahiriah Beliau diambil oleh
Allah dan diganti oleh penglihatan batin yang jauh yang lebih kuat dan
berharga. Yang mana hal itu merupakan salah satu pendorong beliau lebih giat
dan tekun dalam mencari cahaya Allah menuntut ilmu agama.
Pada umur 4 tahun beliau
terkena penyakit cacar sehingga menyebabkannya buta. Cacat yang beliau derita
telah membawa hikmah, beliau tidak bermain sebagaimana anak kecil sebayanya,
beliau habiskan waktunya dengan menghapal Al-Quran, mujahaddah al-nafs
(beribadah dengan tekun melawan hawa nafsu) dan mencari ilmu. Sungguh sangat
mengherankan seakan-akan anak kecil ini tahu bahwa ia tidak dilahirkan untuk
yang lain, tetapi untuk mengabdi kepada Allah SWT.
Dakwahnya
Berkat ketekunan dan akhlakul
karimah yang beliau miliki pada saat usia yang sangat dini, beliau dinobatkan
oleh Allah dan guru-guru beliau sebagai da’i, yang menjadikan nama beliau harum
di seluruh penjuru wilayah Hadhromaut dan mengundang datangnya para murid yang
berminat besar dalam mencari ilmu. Mereka ini tidak datang hanya dari Hadhromaut
tetapi juga datang dari luar Hadhromaut. Mereka datang dengan tujuan menimba
ilmu, mendengar nasihat dan wejangan serta tabarukan (mencari berkah), memohon
doa dari Al-Habib Abdullah Al-Haddad. Di antara murid-murid senior Al-Habib
Abdullah Al-Haddad adalah putranya, Al-Habib Hasan bin Abdullah bin Alwy
Al-Haddad, Al-Habib Ahmad bin Zein bin Alwy bin Ahmad bin Muhammad Al-Habsy,
Al-Habib Ahmad bin Abdullah Ba-Faqih, Al-Habib Abdurrohman bin Abdullah
Bilfaqih, dll.
Selain mengkader pakar-pakar
ilmu agama, mencetak generasi unggulan yang diharapkan mampu melanjutkan
perjuangan kakek beliau, Rosullullah SAW, beliau juga aktif merangkum dan
menyusun buku-buku nasihat dan wejangan baik dalam bentuk kitab, koresponden
(surat-menyurat) atau dalam bentuk syair sehingga banyak buku-buku beliau yang
terbit dan dicetak, dipelajari dan diajarkan, dibaca dan dialihbahasakan,
sehingga ilmu beliau benar-benar ilmu yang bermanfaat. Tidak lupa beliau juga
menyusun wirid-wirid yang dipergunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan
bermanfaat untuk agama, dunia dan akhirat, salah satunya yang agung dan
terkenal adalah Rotib ini. Rotib ini disusun oleh beliau dimalam Lailatul Qodar
tahun 1071 H.
Akhlaq dan Budi
Pekerti
Al-Imam Al-Haddad
(rahimahullah) memiliki perwatakan badan yang tinggi, berdada bidang, tidak
terlalu gempal, berkulit putih, sangat berhaibah dan tidak pula di wajahnya
kesan mahupun parut cacar.
Wajahnya sentiasa manis dan
menggembirakan orang lain di dalam majlisnya. Ketawanya sekadar senyuman manis;
apabila beliau gembira dan girang, wajahnya bercahaya bagaikan bulan. Majlis
kendalian beliau sentiasa tenang dan penuh kehormatan sehinggakan tidak
terdapat hadhirin berbicara mahupun bergerak keterlaluan bagaikan terletak
seekor burung di atas kepala mereka.
Mereka yang menghadhiri ke
majlis Al-Habib bagaikan terlupa kehidupan dunia bahkan terkadang Si-lapar lupa
hal kelaparannya; Si-sakit hilang sakitnya; Si-demam sembuh dari demamnya. Ini
dibuktikan apabila tiada seorang pun yang yang sanggup meninggalkan majlisnya.
Al-Imam sentiasa berbicara
dengan orang lain menurut kadar akal mereka dan sentiasa memberi hak yang
sesuai dengan taraf kedudukan masing-masing. Sehinggakan apabila dikunjungi
pembesar, beliau memberi haknya sebagai pembesar; kiranya didatangi orang
lemah, dilayani dengan penuh mulia dan dijaga hatinya. Apatah lagi kepada
Si-miskin.
Beliau amat mencintai para
penuntut ilmu dan mereka yang gemar kepada alam akhirat. Al-Habib tidak pernah
jemu terhadap ahli-ahli majlisnya bahkan sentiasa diutamakan mereka dengan
kaseh sayang serta penuh rahmah; tanpa melalaikan beliau dari mengingati Allah
walau sedetik. Beliau pernah menegaskan “Tiada seorang pun yang berada
dimajlisku mengganguku dari mengingati Allah”.
Majlis Al-Imam sentiasa
dipenuhi dengan pembacaan kitab-kitab yang bermanfaat, perbincangan dalam soal
keagamaan sehingga para hadhirin sama ada yang alim ataupun jahil tidak akan
berbicara perkara yang mengakibatkan dosa seperti mengumpat ataupun mencaci.
Bahkan tidak terdapat juga perbicaraan kosong yang tidak menghasilkan faedah.
Apa yang ditutur hanyalah zikir, diskusi keagamaan, nasihat untuk muslimin,
serta rayuan kepada mereka dan selainnya supaya beramal soleh. Inilah yang
ditegaskan oleh beliau “Tiada seorang pun yang patut menyoal hal keduniaan
atau menyebut tentangnya kerana yang demikian adalah tidak wajar; sewajibnya
masa diperuntuk sepenuhnya untuk akhirat sahaja. Silalah bincang perihal
keduniaan dengan selain dariku.”
Al-Habib (rahimahullah) adalah
contoh bagi insan dalam soal perbicaraan mahupun amalan; mencerminkan akhlak
junjungan mulia dan tabiat Al-Muhammadiah yang mengalir dalam hidup beliau.
Beliau memiliki semangat yang tinggi dan azam yang kuat dalam hal keagamaan.
Al-Imam juga sentiasa menangani sebarang urusan dengan penuh keadilan dengan
menghindari pujian atau keutamaan dari oramg lain; bahkan beliau sentiasa
mempercepatkan segala tugasnya tanpa membuang masa. Beliau bersifat mulia dan
pemurah lebih-lebih lagi di bulan Ramadhan. Ciri inilah menyebabkan ramai orang
dari pelusuk kampung sering berbuka puasa bersama beliau di rumahnya dengan
hidangan yang tidak pernah putus semata mata mencari barakah Al-Imam.
Al-Imam menyatakan “Sesuap
makanan yang dihadiahkan atau disedekahkan mampu menolak kesengsaraan”.
Katanya lagi “Kiranya ditangan kita ada kemampuan, nescaya segala keperluan
fakir miskin dipenuhi, sesungguhnya permulaan agama ini tidak akan terdiri
melainkan dengan kelemahan Muslimin”.
Beliau adalah seorang yang
memiliki hati yang amat suci, sentiasa sabar terhadap sikap buruk dari yang
selainnya serta tidak pernah merasa marah. Kalaupun ia memarahi, bukan kerana
peribadi seseorang tetapi sebab amalan mungkarnya yang telah membuat Al-Imam
benar-benar marah. Inilah yang ditegaskan oleh Al-Habib “Adapun segala
kesalahan berkait dengan hak aku, aku telah maafkan; tetapi hak Allah
sesungguhnya tidak akan dimaafkan”.
Al-Imam amatlah menegah dari
mendoa’ agar keburukan dilanda orang yang menzalimi mereka. Sehingga bersama
beliau terdapat seorang pembantu yang terkadangkala melakukan kesilapan yang
boleh menyebabkan kemarahan Al-Imam. Namun beliau menahan marahnya; bahkan
kepada si-Pembantu itu diberi hadiah oleh Al-Habib untuk meredakan rasa marah
beliau sehinggakan pembantunya berkata: “alangkah baiknya jika Al-Imam
sentiasa memarahiku”.
Segala pengurusan hidupnya
berlandaskan sunnah; kehidupannya penuh dengan keilmuan ditambah pula dengan
sifat wara’. Apabila beliau memberi upah dan sewa sentiasa dengan jumlah yang
lebih dari asal tanpa diminta. Kesenangannya adalah membina dan mengimarahkan
masjid. Di Nuwaidarah dibinanya masjid bernama Al-Awwabin begitu juga, Masjid
Ba-Alawi di Seiyoun, Masjid Al-Abrar di As-Sabir, Masjid Al-Fatah di Al-Hawi,
Masjid Al-Abdal di Shibam, Masjid Al-Asrar di Madudah dan banyak lagi.
Diantara sifat Al-Imam
termasuk tawaadu’ (merendah diri). Ini terselah pada kata-katanya,
syair-syairnya dan tulisannya. Al-Imam pernah mengutusi Al-Habib Ali bin
Abdullah Al-Aidarus. “Doailah untuk saudaramu ini yang lemah semoga diampuni
Allah”
Wafatnya
Beliau wafat hari Senin, malam
Selasa, tanggal 7 Dhul-Qo’dah 1132 H, dalam usia 98 tahun. Beliau disemayamkan
di pemakaman Zambal, di Kota Tarim, Hadhromaut, Yaman. Semoga Allah melimpahkan
rohmat-Nya kepada beliau juga kita yang ditinggalkannya.
Habib Abdullah Al
Haddad dimata Para Ulama
Al-Arifbillah Quthbil Anfas
Al-Imam Habib Umar bin Abdurrohman Al-Athos ra. mengatakan, “Al-Habib
Abdullah Al-Haddad ibarat pakaian yang dilipat dan baru dibuka di zaman ini,
sebab beliau termasuk orang terdahulu, hanya saja ditunda kehidupan beliau demi
kebahagiaan umat di zaman ini (abad 12 H)”.
Al-Imam Arifbillah Al-Habib
Ali bin Abdullah Al-Idrus ra. mengatakan, “Sayyid Abdullah bin Alwy
Al-Haddad adalah Sultan seluruh golongan Ba Alawy”.
Al-Imam Arifbillah Muhammad
bin Abdurrohman Madehej ra. mengatakan, “Mutiara ucapan Al-Habib Abdullah
Al-Haddad merupakan obat bagi mereka yang mempunyai hati cemerlang sebab
mutiara beliau segar dan baru, langsung dari Allah SWT. Di zaman sekarang ini
kamu jangan tertipu dengan siapapun, walaupun kamu sudah melihat dia sudah
memperlihatkan banyak melakukan amal ibadah dan menampakkan karomah, sesungguhnya
orang zaman sekarang tidak mampu berbuat apa-apa jika mereka tidak berhubungan
(kontak hati) dengan Al-Habib Abdullah Al-Haddad sebab Allah SWT telah
menghibahkan kepada beliau banyak hal yang tidak mungkin dapat diukur.”
Al-Imam Abdullah bin Ahmad
Bafaqih ra. mengatakan, “Sejak kecil Al-Habib Abdullah Al-Haddad bila
matahari mulai menyising, mencari beberapa masjid yang ada di kota Tarim untuk
sholat sunnah 100 hingga 200 raka’at kemudian berdoa dan sering membaca Yasin
sambil menangis. Al-Habib Abdullah Al-Haddad telah mendapat anugrah (fath) dari
Allah sejak masa kecilnya”.
Sayyid Syaikh Al-Imam Khoir
Al-Diin Al-Dzarkali ra. menyebut Al-Habib Abdullah Al-Haddad sebagai fadhillun
min ahli Tarim (orang utama dari Kota Tarim).
Al-Habib Muhammad bin Zein bin
Smith ra. berkata, “Masa kecil Al-Habib Abdullah Al-Haddad adalah masa kecil
yang unik. Uniknya semasa kecil beliau sudah mampu mendiskusikan
masalah-masalah sufistik yang sulit seperti mengaji dan mengkaji pemikiran
Syaikh Ibnu Al-Faridh, Ibnu Aroby, Ibnu Athoilah dan kitab-kitab Al-Ghodzali.
Beliau tumbuh dari fitroh yang asli dan sempurna dalam kemanusiaannya, wataknya
dan kepribadiannya”.
Al-Habib Hasan bin Alwy bin
Awudh Bahsin ra. mengatakan, “Bahwa Allah telah mengumpulkan pada diri
Al-Habib Al-Haddad syarat-syarat Al-Quthbaniyyah.”
Al-Habib Abu Bakar bin Said
Al-Jufri ra. berkata tentang majelis Al-Habib Abdullah Al-Haddad sebagai
majelis ilmu tanpa belajar (ilmun billa ta’alum) dan merupakan kebaikan secara
menyeluruh. Dalam kesempatan yang lain beliau mengatakan, “Aku telah
berkumpul dengan lebih dari 40 Waliyullah, tetapi aku tidak pernah menyaksikan
yang seperti Al-Habib Abdullah Al-Haddad dan tidak ada pula yang
mengunggulinya, beliau adalah Nafs Rohmani, bahwa Al-Habib Abdullah Al-Haddad
adalah asal dan tiada segala sesuatu kecuali dari dirinya.”
Seorang guru Masjidil Harom
dan Nabawi, Syaikh Syihab Ahmad al-Tanbakati ra. berkata, “Aku dulu sangat
ber-ta’alluq (bergantung) kepada Sayyidi Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani.
Kadang-kadang dia tampak di hadapan mataku. Akan tetapi setelah aku ber-intima’
(condong) kepada Al-Habib Abdullah Al-Haddad, maka aku tidak lagi melihatnya.
Kejadian ini aku sampaikan kepada Al-Habib Abdullah Al-Haddad. Beliau
berkata,’Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani di sisi kami bagaikan ayah. Bila yang
satu ghoib (tidak terlihat), maka akan diganti dengan yang lainnya. Allah lebih
mengetahui.’ Maka semenjak itu aku ber-ta’alluq kepadanya.”
Al-Habib Ahmad bin Zain
Al-Habsyi ra. seorang murid Al-Habib Abdullah Al-Haddad yang mendapat mandat
besar dari beliau, menyatakan kekagumannya terhadap gurunya dengan mengatakan, ”Seandainya
aku dan tuanku Al-Habib Abdullah Al-Haddad ziaroh ke makam, kemudian beliau
mengatakan kepada orang-orang yang mati untuk bangkit dari kuburnya, pasti
mereka akan bangkit sebagai orang-orang hidup dengan izin Allah. Karena aku
menyaksikan sendiri bagaimana dia setiap hari telah mampu menghidupkan
orang-orang yang bodoh dan lupa dengan cahaya ilmu dan nasihat. Beliau adalah
lauatan ilmu pengetahuan yang tiada bertepi, yang sampai pada tingkatan
Mujtahid dalam ilmu-ilmu Islam, Iman dan Ihsan. Beliau adalah mujaddid pada
ilmu-ilmu tersebut bagi penghuni zaman ini. ”
Syaikh Abdurrohman Al-Baiti
ra. pernah berziaroh bersama Al-Habib Abdullah Al-Haddad ke makam Sayidina
Al-Faqih Al-Muqoddam Muhammad bin Ali Ba’Alawy, dalam hatinya terbetik sebuah
pertanyaan ketika sedang berziaroh, “Bila dalam sebuah majelis zikir para
sufi hadir Al-Faqih Al-Muqaddam, Syaikh Abdurrohman Asseqaff, Syaikh Umar
al-Mukhdor, Syaikh Abdullah Al-Idrus, Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani, dan yang
semisal setara dengan mereka, mana diantara mereka yang akan berada di baris
depan? Pada waktu itu guruku, Al-Habib Abdullah Al-Haddad, menyingkap apa yang
ada dibenakku, kemudian dia mengatakan, ‘Saya adalah jalan keluar bagi mereka,
dan tiada seseorang yang bisa masuk kepada mereka kecuali melaluiku.’ Setelah
itu aku memahami bahwa beliau Al-Habib Abdullah Al-Haddad, adalah dari abad 2
H, yang diakhirkan kemunculannya oleh Allah SWT pada abad ini sebagai rohmat
bagi penghuninya.”
Al-Habib Ahmad bin Umar bin
Semith ra. mengatakan, “Bahwa Allah memudahkan bagi pembaca karya-karya
Al-Habib Abdullah Al-Haddad untuk mendapat pemahaman (futuh), dan berkah
membaca karyanya Allah memudahkan segala urusannya agama, dunia dan akhirat,
serta akan diberi ‘Afiat (kesejahteraan) yang sempurna dan besar kepadanya.”
Al-Habib Thohir bin Umar
Al-Hadad ra. mengatakan, “Semoga Allah mencurahkan kebahagiaan dan
kelapangan, serta rezeki yang halal, banyak dan memudahkannya, bagi mereka yang
hendak membaca karya-karya Al-Quthb Aqthob wal Ghouts Al-Habib Abdullah bin
Alwy Al-Haddad ra.”
Al-Habib Umar bin Zain bin
Semith ra. mengatakan bahwa seseorang yang hidup sezaman dengan Al-Habib
Abdullah Al-Haddad ra., bermukim di Mekkah, sehari setelah Al-Habib Abdullah
Al-Haddad wafat, ia memberitahukan kepada sejumlah orang bahwa semalam beliau
ra. sudah wafat. Ketika ditanya darimana ia mengetahuinya, ia menjawab, “Tiap
hari, siang dan malam, saya melihat beliau selalu datang berthowaf mengitari
Ka’bah (padahal beliau berada di Tarim, Hadhromaut). Hari ini saya tidak
melihatnya lagi, karena itulah saya mengetahui bahwa beliau sudah wafat.”
Karya-karyanya
Beliau meninggalkan kepada
umat Islam khazanah ilmu yang banyak, yang tidak ternilai, melalui kitab-kitab
dan syair-syair karangan beliau. Antaranya ialah:
1. An-Nashaa’ih Ad-Dinniyah Wal-Washaya Al-Imaniyah.
2. Ad-Dakwah At Tammah.
3. Risalah Al-Mudzakarah Ma’al-Ikhwan Wal-Muhibbin.
4. Al Fushuul Al-Ilmiyah.
5. Al-Hikam.
6. Risalah Adab Sulukil-Murid.
7. Sabilul Iddikar.
8. Risalah Al-Mu’awanah.
9. Ittihafus-Sa’il Bi-Ajwibatil-Masa’il.
10. Ad-Durrul Manzhum Al-Jami’i Lil-Hikam Wal-Ulum.*
* Kitab ini adalah kumpulan
syair-syair Al-Imam. Qasidah-qasidah dalam album ini di ambil dari kitab ini.
Mutiara Qasidah Al Imam Al Habib Abdullah bin Alwi Al Haddad dapat didownload
secara cuma-cuma disini : http://www.alhawi.net/MutiraQasidah.htm
Demikian sekilas dari sejarah
beliau. Karya-karyanya sangat masyhur di seluruh dunia termasuk di Indonesia.
Salah satunya adalah ratib Al Haddad (baca ‘n download ratibnya disini : http://qomarfauzie.wordpress.com/2007/06/19/ratib-al-haddad/).
Ratib ini sering dibaca di berbagai majlis dan masjid-masjid di kampung kita
karena memiliki banyak faedah bagi yang membacanya. Nah, tunggu apalagi yuk..mari
kita teladani dan amalkan ajaran-ajaran beliau…
Sumber :
http://www.alhawi.net/riwayat.htm
http://qomarfauzie.wordpress.com/2007/07/13/ringkasan-riwayat-hidup-al-habib-abdullah-bin-alwi-al-haddad/